Laksamana Cheng Ho Lebih Hebat dari Columbus

Laksemana cheng ho ( Haji Mahmud Shams ) yaitu seorang laksamana populer dari negeri cina yang beragama islam sejak kecil. dia dilahirkan didalam sesuatu keluarga cina islam berbangsa tionghoa di puak hui lokasi funnan china. nama islamnya iaitu haji mahmud shams. Dia salah seorang panglima perang serta pelayar yang terbilang hebat pada zamannya. terutamanya di zaman dinasti ming. cheng ho yaitu seorang rakyat biasa, saat tentara kerajaan dari dinasti ming yang mengalahkan tentara kerajaan dari dinasti yuan yang menguasai yunnan, cheng ho juga ditangkap berbarengan pemuda lain lantas diserahkan pada pihak istana untuk jadikan hamba abdi pada maharaja zhu di.

Tetapi semasa jadi tawanan itu bakat serta ketokohannya tersebarlah sesudah dia berjaya memperoleh keyakinan dari raja zhu di untuk memimpin pasukan tentara mengalahkan serta menghapuskan pemberontakan kaisar zhu yunwen dari dinasti ming. kerana chengho juga raja zhu berjaya sampai pada akhir hidupnya.

Chengho lebih hebat dari columbus

Misi ekspedisi pelayarannya cheng ho sudah jadi sinyal bertanya nyaris berabad-abad lamanya, tetapi saat ini misteri histori silam yang hebat ini sudah dibongkar kembali. catatan ekspedisi pelayarannya yang ke-7 sebelum saat dia meninggal dunia sudah dimusnahkan oleh pihak kerajaan cina kenapa catatan itu dimusnahkan jadi masalah sampai saat ini.

Yang lantas pertanyaan mengapa umumnya rute ekspedisi cheng ho yaitu lokasi nusantara.Jumlah armada laut yang besar serta sanggup melawan kerajaan majapahit tidak membuatnya penjajah dibumi indonesia. apalagi negara negara yang dulu disinggahinya, terlebih misi ekspedisinya memiliki agenda yang tersendiri kerana cheng ho lebih adalah misi diplomatik disamping menaikkan dampak tiongkok ke semua dunia.

Rute ekspedidi pelayaran waktu tempat yang dilalui oleh armada laut cheng ho ( haji mahmud shams ) diantaranya :

  • pelayaran ke-1 1405-1407 : champa, jawa, palembang, malaka, aru, sumatra, lambri, ceylon, kollam, cochin, calicut
  • pelayaran ke-2 1407-1408 : champa, jawa, siam, sumatra, lambri, calicut, cochin, ceylon
  • pelayaran ke-3 1409-1411 : champa, java, malacca, sumatra, ceylon, quilon, cochin, calicut, siam, lambri, kaya, coimbatore, puttanpur
  • pelayaran ke-4 1413-1415 : champa, java, palembang, malacca, sumatra, ceylon, cochin, calicut, kayal, pahang, kelantan, aru, lambri, hormuz, maladewa, mogadishu, brawa, malindi, aden, muscat, dhufar
  • pelayaran ke-5 1416-1419 : champa, pahang, java, malacca, sumatra, lambri, ceylon, sharwayn, cochin, calicut, hormuz, maldives, mogadishu, brawa, malindi, aden
  • pelayaran ke-6 1421-1422 : hormuz, afrika timur, negara-negara di jazirah arab
  • pelayaran ke-7 1430-1433 : champa, java, palembang, malacca, sumatra, ceylon, calicut, hormuz...

Bila di teliti negara negara yang dulu dilewati nya waktu pada th. 1405 adalah champa, jawa, malaka, sumatera atau palembang. area tempat tersebut yang sangat diminati chengho sekurang-kurangnya 5 kali chengho mengunjunginya. walau sebenarnya area tempat itu populer dengan kerajaan besar layaknya sriwijaya, majapahit, aceh serta langkasuka. yang sangat menarik adalah pada ekspedisi pelayaran ke-4nya, cheng ho sudah tiba ke kelantan serta pahang didalam th. 1413 serta 1415.

Butuh diingat kuga, saat dunia barat serta orientalis repot mengulas christopher columbus mendapatkan benua amerika pada th. 1492 dengan cuma 3 buah kapal serta 88 orang anak kapal atau awak awak, laksemana cheng ho justru sudah lakukan petualangan pada benua sepanjang 7 kali berturut-turut didalam jarak periode cuma 28 th. sahaja ( 1405-1433 ) gunakan armada yang terdiri dari 27, 000 awak-awak serta 307 kapal laut. berarti armada laksamana chengho 5 kali semakin besar dari armada christopher columbus ).

Kapal terbesar memiliki panjang lebih kurang 400 kaki atau 120 mtr. serta lebar 160 kaki atau 50 mtr. serta bertiang layar 3layar dan 9 layar. tidak kurang dari 30 negara di asia, timur sedang, serta afrika dulu disinggahinya. vasco da gama yang berlayar dari portugis ke india th. 1497 lalu tidak bisa menandingi kehebatan laksamana cheng ho apalagi ferdinand magellan yang meniti pelayaran melingkari bumi lalu tertinggal 114 th. di belakang ekspedisi cheng ho.

Dari catatan keberhasilan ekspedisi dari chengho yang hebat tersebut selanjutnya membuahkan satu tips pelayaran yang dikenali sebagai buku zheng hes navigation map yang dapat merubah peta navigasi dunia hingga abad ke-15. didalam buku ini ada 24 peta navigasi tentang arah pelayaran, jarak di lautan, serta beragam pelabuhan. jalur perdagangan cina lalu beralih, tidak sebatas bertumpu pada jalur sutera pada beijing bukhara saja nama kerajaan tiongkok makin dikenali di mata dunia hasil pengembaraan samudera palnglima cheng ho tersebut.
 
Nama laksamana cheng ho populer di alam nusantara terutamanya di malaka pada abad ke-15.
laksamana cheng ho sudah meninggal dunia pada bln. april 1433 di calcutta, india, jenazahnya dikuburkan di satu area di dalam perjalanan pulang ke tiongkok ( ada sesetengah pendapat yang menyebutkan beliau di kuburkan di semarang ). hanya rambut serta bajunya saja yang dibawa kembali ke tiongkok pada bln. julai 1433. sebagai masalah serta misteri adalah kenapa sesudah kematian cheng ho, pihak istana sudah membakar semua catatan yang dibikin cheng ho sebagai laporan perjalanannya. hingga catatan tentang ekspedisi ke-7 cheng ho amat sedikit didapati. tetapi yang tentu ada catatan lain mengenainya perjalanannya.

Berdasar sebagian versi serta bukti peninggalan histori laksemana cheng ho atau haji mahmud shams ini sudah meninggal serta dikuburkan di semarang. seni bela diri kung fu yang dikatakan hak paten orang cina nyatanya datang dari calcutta india yang datang dari kallary payatt dibawa serta dikembangkan oleh laksemana cheng ho serta orang-orang beliau ke tanah besar cina..
 
Bila kita meneliti urutan histori serta pergolakan perebutan kenaikan takhta kaisar dinasti ming di cina, selepas kematian kaisar ming cheng zhu pada th. 1424, kaisar ming ren zhong sudah naik tahta. lantas keluar larangan berlayar untuk seluruh pelaut tiongkok. inilah yang mengakibatkan kenapa jarak pada ekspedisi ke-6 serta ke-7 cheng ho berselang demikian lama. 1 tahun lantas kaisar ming ren zhong mewariskan tahta pada kaisar ming xuan zhong th. 1430, kaisar ming ren zhong mati serta kaisar ming xuan zhong kembali memperbolehkan cheng ho belayar ( ekspedisi ke-7 didalam th. 1431~1433 ).
Tetapi sesudah berakhirnya ekspedisi ke-7, kaisar ming xuan zhong mulai lakukan politik tutup pintu serta mengakibatkan terputusnya jalinan budaya serta kemajuan luar negeri. sejak tersebut kejayaan serta kegemilangan maritim tiongkok yang demikian hebat serta populer itu makin suram. kemunduran teknologi maritim yaitu menjadi hal penting jatuhnya dinasti qing sesudah angkatan laut tiongkok alami kekalahan yang memalukan dari imperialis
barat didalam perang candu.

Lantas di tiongkok agama islam sudah ada serta berkembang sejak zaman dahulu sebelum saat kerajaan sriwijaya mengetahui islam. perihal yang tidak dapat dihapus serta dimusnahkan dari histori, tengok saja ada bangunan mesjid yang menyerupai kelenteng di sebagian kota di indonesia. berarti penduduk china sudah mengetahui agama islam sejak zaman dahulu, serta islam tidak mengajarkan permusuhan antar etnis. sama halnya penyebaran islam oleh beberapa wali 9 yang dikerjakan dengan jalur damai dengan tidak menghancurkan kebiasaan asli masyarakat nusantara. chengho nama nama besar seorang panglima laut yang sejarahnya dibikin samar oleh orang orang spesifik, mengapa pengetahuan dunia cuma mengenalkan christopher columbus lebih hebat dari chengho ?
Terima kasih sudah berkomentar