Cacing sepanjang 15 cm hidup di dalam mata

Seorang dokter di India berhasil menarik seekor cacing hidup sepanjang 15 cm dari dalam mata pasiennya. Pria berusia 75 tahun itu mengeluh kesakitan selama lebih dari dua minggu dengan kemerahan dan iritasi pada matanya.
Ketika Dr V. Seetharaman memeriksa PK Krishnamurthy di Rumah Sakit Fortis Mumbai hari Minggu lalu, ahli mata itu terkejut saat melihat sebuah parasit yang tak biasa. MenurutNydailynews, (29/06), parasit itu tampak menggeliat dan bergerak di balik matanya.

Tanpa pikir panjang, Seetharaman segera melakukan operasi dadakan untuk menghindari kerusakan mata yang serius. "Parasit itu menggeliat di bawah konjungtivanya (selaput tipis yang melapisi mata). Dalam 30 tahun karir saya, saya tak pernah menemui kasus semacam ini" tukas Seetharaman kepada AFP.



Untuk mengeluarkan cacing sepanjang 15 cm itu, para ahli mata harus membuat lubang kecil di konjungtiva. Operasi yang berjalan selama 15 menit itu tak lepas dari pengamatan istri pasien. Raut muka ngeri terlihat dari paras Saraswati, istri Krishnamurthy.
"Makhluk itu terus bergerak dan melompat. Saya merasa ngeri saat melihatnya," ungkapnya kepada Mumbai Mirror.
 

Cacing yang berhasil dikeluarkan itu hanya bertahan selama 30 menit. Kemudian sample cacing segera dikirim kepada ahli mikrobiologi rumah sakit untuk diidentifikasi.
 

Seetharaman pernah mendengar kasus cacing mata sebelumnya. Namun, ukuran cacing itu hanya mencapai 2 sampai 3 cm. Mungkin ini adalah rekor baru di dunia medis. Kasus ini bisa terjadi karena adanya luka di kaki dan kebiasaan makan makanan mentah atau yang dimasak tidak benar. Celah itu menjadi jalan masuknya cacing ke aliran darah dan menuju mata.
"Jika cacing tidak segera diangkat, ia akan masuk ke dalam lapisan-lapisan mata dan menyebabkan kebutaan permanen," jelas Seetharaman, "Bahkan itu bisa masuk ke otak dan menyebabkan kerusakan neurologis."
 

Dr. S. Narayani, direktur medis rumah sakit, mengatakan bahwa kasus ini sangat langka. "Kami belum pernah menemukan kasus seperti ini selama 10 tahun terakhir," tambahnya.

video nya ada disini :


sumber :
-- youtube(dot)com
Terima kasih sudah berkomentar