Mesjid Tertua ada di Pulau Lombok

Di antara wisata histori di pulau lombok yaitu masjid kuno Bayan Beleq yang terdapat di desa bayan, kecamatan bayan kabupaten lombok utara, tidak terlampau jauh dari air terjun sendang gila. rute yang perlu dilewati yaitu mataram - pemenang - tanjung - kayangan - akar akar - bayan, dengan jarak 87 km serta kami meniti kurun waktu lebih kurang dua jam ( kecepatan normal ). apabila kelak telah tiba di pertigaan sendang gila belokkan kendaraan anda ke kiri dikarenakan bila lurus anda dapat hingga di air terjun sendang gila. lokasi tepatnya tidak terlampau jauh dari pertigaan tersebut serta ada di kiri jalur. 

Menurut artikel yang saya baca, mesjid ini yaitu mesjid pertama yang dibangun di pulau lombok lebih kurang abad 16-17 m berbarengan dengan masuknya ajaran islam di pulau ini. bangunannya amat simpel. berukuran lebih kurang 9x9 mtr. persegi pondasi dari bebatuan yang ditata rapi serta kokoh tanpa semen, dinding nya dari bambu, lantai tanah, bertiang kayu, atapnya terbuat dari bilah bilah bambu, amat unik. dibagian depan pintu masjid ada gentong air ( padasan dlm bhs jawa ) untuk wudhu. menurut informasi dari warga yang saya jumpai, bangunan ini telah dipugar berapa kali jika pondasinya. 




Didalam mesjid, dibagian sedang, ada sesuatu bedug yang bergantung, dan beleq ( makam besar ) dari salah seorang penyebar agama islam pertama di lokasi ini, yakni gaus abdul rozak. di belakang kanan serta depan kiri masjid ada dua gubuk kecil yang didalamnya ada makam tokoh-tokoh agama yang turut membangun serta mengurus masjid ini sejak dari awal. 

Masjid ini telah tidak dipakai untuk solat berjamaah 1 hari hari, walau demikian dipakai waktu hari hari besar keagaman islam saja semisal maulud nabi muhammad saw maupun waktu idul fitri. serta banyak juga warga baik lebih kurang ataupun jauh yang berdoa di lebih kurang makam masjid. 

sumber : unikgaul(.)com
Terima kasih sudah berkomentar