Wanita Kerja Malam Rawan Kanker Payudara

Penelitian memperlihatkan bahwa wanita yang memperoleh giliran shift kerja malam atau lembur, berisiko alami cidera. rupanya tidak cuma risiko keamanan saja yang dapat dihadapi wanita, Kesehatan juga bisa punya pengaruh. sesuatu penelitian yang diterbitkan oleh occupational and environmental medicine memberikan bahwa wanita yang bekerja pada malam hari condong berisiko terkena kanker payudara. penelitian teranyar yang di dukung danish cancer society itu melibatkan 18.500 wanita yang bekerja di angkatan darat denmark pada th. 1964 serta 1999. beberapa peneliti sukses menghubungi 210 dari keseluruhan 218 wanita yang terkena kanker payudara peridoe 1990-2003 yang tetap hidup.

Ditulis oleh daily mail, penelitian tersebut berikan peringatan bahwa risiko wanita terkena kanker dikarenakan bekerja pada malam hari bisa meraih 40 %. Risiko dapat makin meningkat saat seorang wanita mesti bekerja pada malam hari, 2 x didalam sepekan. dibandingan dengan yang memperoleh giliran jaga malam cuma sekali sepekan, wanita tersebut 2 x lebih berisiko terkena kanker payudara.
Apa yang mengakibatkan bekerja pada malam hari bikin wanita berisiko terkena kanker ? beberapa pakar yakin bahwa hormon didalam tubuh yang mempunyai potensi untuk melawan sel tumor manfaatnya jadi terganggu dikarenakan tuturan sinar selama malam saat bekerja. meningkatnya risiko kanker payudara itu juga berlangsung dikarenakan terganggunya waktu istirahat atau jam tidur tubuh serta produksi hormon.

Namun peneliti johnni hansen menyebutkan bahwa bekerja dua malam sepanjang sepekan kurang untuk mengganggu jam tidur. tetapi, bila perihal ini terus-terusan dikerjakan sepanjang bertahun-tahun, risikonya bisa mengganggu ritme tubuh serta pola tidur.

Beberapa peneliti juga mendapatkan ada kandungan rendah melatonin pada orang-orang yang bekerja serta terpapar sinar waktu malam bisa menambah perkembangan tumor. “mungkin jam kerja malam bukan hanya adalah hanya satu pemicu. namun, kerja pada malam hari bisa menambah kemungkinan pola hidup yang berisiko, layaknya kurangnya berolahraga, ” tutur dr rachel greig, dari charity breakthrough breast cancer.

Ia lalu merekomendasikan supaya beberapa wanita sejak saat ini kurangi mengonsumsi minuman mengandung alkohol, teratur berolahraga, serta melindungi pola makan mereka agar bisa kurangi risiko kanker payudara.

sumber : artikelkanker(dot)wordpress(dot)com
Terima kasih sudah berkomentar