Gedung Tertinggi Di Dunia : Mamlka Tower

Kota Riyadh di Arab Saudi memiliki gedung pencakar langit yang luar biasa yang disebut Al Mamlka Tower, Juga dikenal sebagai Pusat Kerajaan untuk seluruh dunia. It `sa menara yang terkenal karena merupakan gedung pencakar langit tertinggi kedua di Arab Saudi, dengan ketinggian 302,3 m (992 ft). Ini menempati tempat ketiga sebagai bangunan tertinggi untuk memiliki lubang di dunia (posisi pertama yang menempati oleh Shanghai World Financial Center dan Tuntex Sky Tower).

Menara ini memiliki 41 lantai dan 2 basement level. Pemilik Al-Mamlka adalah Pangeran Al-Wleed bin Talal, yang merupakan bagian dari keluarga kerajaan Saudi. Fungsi menara sebagai markas Perusahaan Kingdom Holding. Biaya proyek adalah sekitar sebesar US $ 400 juta dan Arab Saudi Al-Seif dan The Impregilo Italia mengambil kontrak.







Pencakar langit memenangkan 2002 Emporis Penghargaan Skyscraper, di mana ia terpilih sebagai "gedung pencakar langit terbaik di dunia untuk desain". Menara ini terletak di antara Raja Fahd Road dan Olaya Road, di Al-Urubah Road, bagian dari distrik yang saat ini sedang dikembangkan disebut Olaya di Riyadh.

Tabung Timur memiliki pusat lima tingkat belanja yang memenangkan penghargaan desain utama juga, dan pembukaan besar berubah menjadi merah pada saat pekerja mengisinya dan perubahan warna teduh selama sebulan. Pencakar langit juga memiliki sebuah hotel mewah juga, Four Seasons Hotel Riyadh, lain selain menara, terpisah dari pusat perbelanjaan, perkantoran dan apartemen.

Dek atas adalah dek observasi publik yang siapa pun bisa menikmati pemandangan yang memukau Riyadh. Ada lagi pencakar langit di kedekatan yang disebut Al Faisaliyah Center yang menemukan dirinya dalam sumbu langsung dengan Al-Mamlka Tower.








Terima kasih sudah berkomentar