Benda ini yang Sering Bikin Motor Mogok !!


Motor mogok? tidak banget deh ya matickers, jangan sempat kita megalami hal semacam itu waktu kita tengah beraktifitas, terlebih tengah menguber saat.

Terkecuali mesti memerhatikan keadaan motor, kita juga sebagai yang memiliki motor kelihatannya harus juga mengerti sisi bagian motor mana yang kerap banget bikinmotor kita punya masalah waktu di jalan.

Ini salah satunya.
1. Busi

Nah, biasanya sepeda motor yang businya sudah aus atau punya masalah bakal mati mendadak saat putaran mesin rendah atau waktu melaju dalam kecepatan rendah. Waktu dinyalakan mesin lama sekali hidup.

Hal-hal lain yang kerap juga berlangsung yaitu waktu kita mengendarai motor serta mau menaikkan kecepatan dengan memuntir gas, mendadak mesin seperti kehilangan tenaga serta nada knalpot motor sedikit ‘brebet’. Bahkan juga mendadak mesin motor mati.

Nah, apabila matickers menjumpai hal sejenis itu, sebaiknya matickers mengecek keadaan busi. Langkahnya, terlepas busi dari dudukan serta biarnya kabel busi masih tetap tersambung di ujung busi. Kemudian tempelkan kepala busi di tubuh mesin serta stater mesin.
Saksikan dengan cermat, adakah percikan api yang datang dari kepala busi waktu mesin dihidupkan? Apabila tak bermakna busi sudah aus atau punya masalah, hingga harus di ubah. Jika tidak dapat dikerjakan sendiri, sebaiknya matickers datangi bengkel paling dekat.

2. Koil


Komponen ini berperan untuk menambah voltage dari aki. Karena koil tegangan listrik bisa dinaikkan serta pembakaran di ruangan bakar mesin lebih prima. Nah, tanda-tanda yang sering didapati jika koil punya masalah yaitu serupa dengan tanda-tanda pada busi, yakni mesin tersendat atau susah sekali dihidupkan. Cuma saja, waktu Koil punya masalah tidak menyebabkan nada ledakan di knalpot.

Langkah mengecek komponen ini masih tetap baik atau tak, sedikit serupa seperti penelusuran pada busi, yakni tempelkan kabel koil ke tubuh mesin lalu starter mesin.

Nah, apabila ada percikan api janganlah cepat-cepat menyimpulkan koil masih tetap bagus. Masih tetap mesti dicek lagi dengan menempatkan busi, apabila nyatanya tak ada percikan api bermakna koil punya masalah sampai tak berperan maksimal.

3. CDI


Tanda-tanda Capasitor Discharge Ignition (CDI) yang rusak, serupa dengan busi atau koil yang punya masalah. Mesin motor mendadak tersendat serta mati. Tanda-tanda yang lain yaitu waktu dinyalakan mesin cepat hidup, namun lalu kembali mati.

Hal semacam itu dikarenakan CDI yang bertindak dalam mengatur timing pengapian dari sistem pembakaran bahan bakar serta hawa di ruangan bakar mesin tak akan berfingsi baik.

Apabila motor yang sudah alami gantian yakni penambahan kompresi mesin jadi harus ganti CDI atau peling tak menggeser kurva pengapian dengan menggeser pulser bila memakai CDI standard.

Nah, untuk permasalahan yang satu ini, sebaiknya matikers segera tanyakan segera pada mekanik bengkel berlangganan, serta janganlah sekali-kali tunda pergantian CDI yang sudah soak atau tidak berperan baik.

Memanglah matickers, pemicu sepeda motor mogok memanglah berbagai macam. Walau demikian, dalam keadaan normal serta yang paling sering jadi penyabab paling utama kendaraan roda dua itu mogok yaitu ketiga komponen ini.
Terima kasih sudah berkomentar