Kapal Selam Rusia Ditemukan di Laut Jawa


Pasukan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut temukan bangkai kapal selam punya Nazi Jerman di Laut Jawa. Kapal selam berjenis Unterseeboot atau U-Boat itu ada di Indonesia untuk menolong Jepang yang pernah Tanah Air pada Perang Dunia II. 

Menurut Mayor Yudo Ponco, kapal selam itu ada di perairan Karimun Jawa. Tim Kopaska sudah lakukan penjelajahan serta penyelaman di tempat bangkai kapal yang terdapat di utara Karimun itu pada 30 Mei 2014. 

“Panjang bangkai kapal cuma tersisa 30 mtr. di kedalaman 25 mtr. Laut Jawa, ” tutur Yudo di Kantor Kementerian Koordinator Maritim, Jakarta Pusat, Kamis 11 Desember 2014. 

Kapal itu memanglah cuma tinggal separuh saja. Karena, banyak sisi bangkai kapal itu sudah dicuri. Terkecuali badan kapal, Tim ekspedisi juga temukan banyak botol yang disangka juga sebagai tempat wine, minyak wangi, serta botol sake. 

Yudo menyampaikan, kapal selam itu beroperasi di Indonesia karena disuruhi oleh Jepang untuk menolong hadapi pasukan Sekutu pada Desember 1942. Disangka, kisah kapal itu tamat karena ditorpedo oleh pasukan Sekutu. 

“U-Boat memanglah ada di Jakarta, Surabaya, serta Penang. Yang meminta yaitu Jepang juga sebagai sekutu, ” ungkap Yudo dihadapan Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo. 

Dia memberikan, kapal pertama yang didapatkan Jerman pada Jepang yaitu U-511. Sesaat U-168 diarahkan ke Surabaya waktu perjalanan terakhirnya. Tetapi belum bisa di pastikan apakah bangkai yang diketemukan itu adalah U-168. 

“Cuma temuan dari logo di piring semua jenis mengarah ke U-168 karena ada tulisan logo Jerman th. 1938, ” papar Yudo. 

U-Boat adalah kapal selam andalan angkatan laut Hitler. Kapal selam ini menyebar teror di Samudera Atlantik. Beberapa puluh kapal dagang serta kapal perang Sekutu sudah banyak ditenggelamkan oleh kapal selam ini. 

Sesaat, tim dari Pusat Arkeologi Nasional telah lakukan riset berkenaan penemuan ini pada 4 November lantas dengan melibatkan 15 peneliti dan penyelam dari Yogyakarta. Saat ini beberapa barang yang diketemukan sudah diangkat untuk di teliti di Kantor Pusat Arkeologi Nasional. Sesaat bangkai kapal terus dilewatkan ditempat awal mulanya. 

“Baru pertama ini kita temukan reruntuhan kapal selam Jerman. Bila kapal perang bekas perang dunia II telah kerap, namun kapal selam terlebih type U-Boat baru kesempatan ini, ” kata Ketua Tim Peneliti Pusat Arkeologi Nasional, Bambang Budi Utomo. (Sumber : Merdeka. com)
Terima kasih sudah berkomentar