Peradaban suku maya



Apa yang mengakibatkan runtuhnya peradaban suku maya ? sebagian teori yang memperdebatkan kejatuhan suku maya amat bermacam. salah satunya musibah besar, perang saudara yang memperebutkan lokasi, serta tanah yang tidak subur. teori yang diambil dari history mengatakan demikianlah. 

Peradaban suku maya 
Dari abad ke 8 hingga akhir abad ke 9 diketahui berlangsung suatu hal yang mengguncang peradaban suku maya, atau lebih dikenal dengan gempa besar. satu per satu kota-kota kuno di dataran rendah selatan ditinggalkan. th. 900, peradaban suku maya di lokasi tersebut runtuh serta hilang. runtuhnya peradaban suku maya belum diketahui penyebab ( dengan tentu ), walau beberapa pakar sudah mengembangkan sebagian teori. 

Kehancuran suku maya 
Sebagian yakin bahwa pada abad ke 9 suku maya alami kelelahan lingkungan lebih kurang mereka dikarenakan tidak dapat lagi menjaga populasi yang amat besar. dengan kata lain persaingan antar suku yang berujung pemusnahan satu suku. peneliti berpendapat bahwa perang konstan pada negara maupun kota yang memimpin militer dari pihak keluarga kerajaan ( dikarenakan perkawinan ) memperebutkan kekuasaan, serta perdagangan aliansi pada mereka terputus ( hancur ) berbarengan dengan sistem tradisional kekuasaan dinasti. 

Profil penguasa suci menyusut, kebiasaan mereka berbentuk ritual serta upacara bercampur aduk didalam kekacauan. selanjutnya, sebagian pergantian lingkungan serta bencana ( periode waktu yang amat panjang, layaknya kekeringan ) bisa menghapuskan peradaban suku maya kuno. kekeringan dapat menempa kota-kota layaknya tikal, dimana air hujan dibutuhkan untuk minum ataupun untuk irigasi tanaman. 

Ketiga factor tersebut ( berlebihan populasi, perebutan lokasi, serta tanah yang tidak subur atau kekeringan ) sangat mungkin turut bertindak didalam runtuhnya peradaban suku maya di dataran rendah selatan. 

Di dataran tinggi yucatan, sebagian kota suku maya layaknya chichen itza, uxmal serta mayapan, terus berkembang pada periode pasca klasik ( 900-1500 m ). 

Pada waktu penjajah spanyol datang, suku maya beberapa besar tetap tinggal di desa-desa yang hidup dengan pertanian, serta kota-kota besar mereka terkubur dibawah rimba hujan. sampai sekarang ini, belum ada teori serta catatan yang tentu menggambarkan runtuhnya peradaban suku maya walau banyak teori sudah dikeluarkan, namun suku maya terus jadi sejarah misteri.

-->
Terima kasih sudah berkomentar